Apa Itu Informatika ?

Ada beberapa jenis pengertian informatika dari beberapa sumber di antaranya:

  1. Menurut Wikipedia “Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi”.
  2. Menurut Institut Teknologi Bandung (ITB) “Teknik Informatika adalah kumpulan disiplin yan mengolah fakta berlambang data dan informasi menggunakan mesin (komputer)”.
  3. Menurut IT “Pengertian informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data serta menampilkannya dalam bentuk informasi”.

Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam informatika, meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja karena masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer yang dapat dimasukkan di dalam aspek informatika ini. 

Konsep Informatika

Informatika mempunyai konsep dasar, teori dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan merupakan beberapa contoh yg lain dari bidang informatika.

Menurut Wikipedia, secara luas ruang lingkup informatika meliputi beberapa aspek: 1) Teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi 2) Ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh 3) Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi komputer dan alat lain yang berbasis komputer

Informatika merupakan salah satu cabang keilmuan yang cukup luas karena hampir mencakup dan terkait dengan berbagai hal tentang kehidupan ini, dimana kumpulan disiplin informatika ini meliputi sains maupun teknik yang secara spesifik mengolah data menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi informasi atau komputer.

Jika dilihat secara menyeluruh dari pengertian di atas, pendekatan logika dan sistematika merupakan ciri yang cukup dominan dari informatika ini, mengingat pendekatan tersebut merupakan kunci dalam hal mendapatkan solusi menyelesaikan berbagai masalah.

Pada prinsipnya, keilmuan ini lebih menekankan bagaimana suatu data dan informasi dapat diolah sedemikian dengan berbantuan teknologi yang terotomatisasi tersebut tidak hanya dalam satu mesin, namun bisa melibatkan beberapa mesin. Mesin ini lebih umum disebut dengan komputer.

Komputer sebagai bahan utama dalam bidang keilmuan ini memiliki peranan yang sangat tinggi sehingga informatika secara sederhana mengupas mulai dari bagaimana mesin tersebut bisa bekerja, bagaimana suatu data diolah dengan cara yang dimengerti oleh mesin sedangkan informasinya dimengerti juga oleh manusia sampai bagaimana mesin tersebut mampu berkomunikasi dengan mesin lainnya.

 

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.